Belum Tahu? Berikut Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar

By | February 18, 2021

Ketika anda akan menulis sebuah karya ilmiah, maka anda akan diminta untuk menyertakan daftar pustaka di bagian akhir bukan? keberadaan daftar pustaka inilah ternyata dapat menjadi sumber informasi bagi para pembaca. Itulah mengapa penulisan daftar pustaka yang benar adalah salah satu hal yang penting dimana harus dilakukan.

Daftar pustaka sendiri merupakan daftar dimana berisi mengenai semua buku maupun tulisan dimana digunakan sebagai referensi atau acuan dalam melakukan penelitian. Ada beberapa manfaat yang dapat dihadirkan dengan keberadaan daftar pustaka ini seperti untuk memenuhi etika penulisan hingga sebagai petunjuk untuk mengetahui kebenaran dari data yang akan diambil.

Bagaimana Cara Pembuatan Daftar Pustaka

Untuk pembuatan daftar pustaka yang sebenarnya hampir sama tetapi juga tergantung apakah sumber tersebut berasal dari buku, skripsi, internet ataukah jurnal lainnya. Hanya terdapat perbedaan sedikit saja pada  penulisan daftar pustaka tersebut. untuk anda yang bingung, berikut ini cara untuk pembuatannya.

  1. Daftar pustaka dari buku

Apabila anda ingin membuat daftar pustaka dimana sumbernya berasal dari buku, maka anda harus memperhatikan penulisannya dimana harus benar dan urut. Adapun urutan penulisan daftar pustaka yang benar adalah dapat dimulai dari nama penulis dimana harus dibalik untuk penulis yang pertama, tahun terbit, judul buku, kota serta nama penerbit.

Adapun contohnya adalah Arikunto, Syharsini.1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paraktik. Yogayakarta: Rineka Cipta.

  1. Daftar pustaka dari sumber skripsi

Untuk membuat daftar pustaka dimana bersumber dari skripsi ini sendiri juga memiliki struktur dimana tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Hanya saja, anda juga perlu untuk menyertakan adanya jurusan, fakultas, nama dari universitas hingga lokasi dari universitas yang bersangkutan.

  1. Daftar pustaka dari sumber internet

Sedangkan untuk menulis daftar pustaka dimana bersumber dari internet juga cukup mudah dan sama seperti sebelumnya. Hanya saja, anda perlu untuk menambahkan adanya link, tanggal dan jam ketika mengakses website tersebut. untuk urutannya adalah nama penulis artikel, tahun artikel, judul artikel, link artikel dan tanggal serta jam mengakses.

  1. Daftar pustaka dari sumber jurnal

Secara umum, untuk pembuatan daftar pustaka dimana berasal dari sumber jurnal inipun harus memperhatikan beberapa hal. Biasanya penulisan daftar pustaka jurnal bisa ditulis dalam dua bentuk yakni APA style dimana gaya penulisan seperti bidang filsafat dan linguistic, dan MLA style biasanya digunakan untuk kutipan pada bidang seni, atau sastra.

Keberadaan daftar pustaka inipun memang sangat penting karena akan membuat anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya seperti penjiplakan, untuk menghargai penulis sebelumnya,  untuk membantu pembaca agar lebih tahu informasi yang dibagikan melalui kutipan dan lainnya. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak salah dalam memberikan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *