Clear Aligner VS Behel Bagusan Mana Ya?

By | December 6, 2020

Mempunyai gigi yang sehat, putih dan rapi tentunya merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh semua orang. Karena, bisa membuat senyum menjadi lebih menawan dan menambah tingkat kepercayaan diri. Namun, tidak semua orang terlahir dengan gigi yang rapi sehingga untuk mendapatkannya dibutuhkan perawatan dengan alat khusus seperti clear aligner maupun behel.

kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan behel, karena sudah banyak digunakan sebagai media untuk merapikan gigi. Selain behel, ada alternative lain yang bisa digunakan untuk merapikan gigi yaitu dengan alat bernama Clear Aligner. Alat tersebut merupakan inovasi terbaru dalam dunia orthodenti yang berfungsi merapikan dan memperbaiki struktur gigi.  Alat tersebut mempunyai desain menyerupai gigi serta terbuat dari plastic transparan sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Clear Aligner VS Behel Bagusan Mana Ya?

Bagi kamu yang sedang kebingungan memilih alat untuk merapikan gigi, ada baiknya untuk menyimak ulasan mengenai perbedaan Clear Aligner VS behel berikut ini!

Perbedaan Desain

Perbedaan clear aligner VS behel yang paling mencolok terletak pada desain dari kedua alat tersebut. Clear aligner di desain transparan dengan bentuk menyerupai gigi sehingga tidak akan terlihat saat digunakan. Selain itu, Clear Aligner terbuat dari bahan plastic BPA lentur namun kuat untuk merapikan gigi serta bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah jadi sangat praktis dan nyaman saat digunakan.

Sedangkan untuk behel, bentuknya berupa bracket yang terbuat dari material logam serta dalam pemasanggannya dikaitkan dengan karet khusus agar bisa menempel pada gigi dengan sempurna. Behel mempunyai berbagai macam tipe dan model, selain itu terdapat aneka macam warna karet sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera.

Namun, jika ingin menggunakan behel, maka pastikan kamu memupuk kepercayaan diri yang kuat. Karena, memasang behel pada gigi bisa membuat penampilan menjadi sedikit berbeda serta dibutuhkan adaptasi pada area mulut agar terhindar dari luka dan juga sariawan.

Cara Penggunaan

Ada sedikit perbedaan cara penggunaan Clear aligner dan behel. Khusus untuk clear aligner, cara penggunaannya cukup mudah karena mempunyai desain seperti gigi sehingga cukup dipasang saja pada gigi. Selain itu, alat tersebut juga bisa dilepas jadi kamu bisa tetap menikmati makanan atau minuman favorit dengan nyaman.

Sedangkan cara penggunaan behel adalah dengan ditempelkan langsung pada gigi.. Namun, untuk pemasangannya harus dibantu oleh dokter maupun klinik gigi. karena, dibutuhkan alat khusus agar bracket menempel dengan sempurna dan pas di gigi. Apabila sedang menggunakan behel maka kebersihan mulut harus benar-benar dijaga karena apabila dibiarkan saja sisa-sisa makanan bisa saja menyangkut pada kawat sehingga dikhawatirkan timbul masalah gigi baru. Selain itu, kamu juga harus rutin cek ke dokter untuk mengganti karet selama sebulan sekali.

Efektivitas

Perbedaan Clear Aligner vs behel yang selanjutnya bisa dilihat dari efektivitasnya untuk membuat gigi menjadi rapi. Clear aligner dibuat dengan karet lentur namun mempunyai kekuatan untuk mendorong gigi dengan maksimal sehingga mampu memperbaiki struktur gigi dan membuatnya lebih rapi dalam  waktu 3 hingga 18 bulan,sedikit lebih cepat daripada memasang behel pada gigi.

Sedangkan untuk behel, dibutuhkan waktu kurang lebih hingga 20 bulan atau bahkan bisa lebih untuk bisa mendapatkan gigi rapi seperti yang di impikan. Behel, membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk merapikan gigi karena alat ini bekerja secara perlahan-lahan namun mampu memperbaiki struktur gigi dengan maksimal dan merapikannya.

Namun, semua alat tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk juga pada clear aligner. Alat tersebut kurang maksimal apabila digunakan pada gigi dengan struktur bertumpuk atau terlalu rapat. Selain itu, kamu juga harus melepasnya setiap kali ingin minum atau makan makanan yang panas atau dingin karena akan berbahaya ketika tetap digunakan tentunya sedikit repot apabila digunakan saat acara kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga besar.

Jika gigi kamu lebih cenderung bertumpuk dan terlalalu rapat, maka di rekmendasikan untuk menggunakan behel. Karena, bisa digunakan untuk semua jenis struktur gigi serta tidak perlu dilepas saat akan makan dan minum yang panas atau dingin. Namun, pastika sebelum memasang behel atau clear aligner harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar nantinya mendapatkan saran yang pas sesuai dengan kondisi gigi.

Biaya Perawatan

Perawatan pada Clear Aligner VS behel sebenarnya hampir sama, namun bedanya pada jangka waktu perawatannya. Apabila kamu menggunakan clear aligner, maka perawatan hanya seputar membersihkan gigi secara rutin  dengan pasta gigi serta tidak perlu sering-sering kontrol ke dokter karena sudah menggunakan teknologi AI yaitu semacam software yang bisa menunjukkan kondisi gigi dan bagaimana harus digerakkan sehingga hasilnya terjamin karena alat di desain secara khusus sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun apabila kamu menggunakan behel, maka perlu rutin kontrol selama sebulan sekali ke klinik atau dokter gigi untuk mengganti karet pada bracket sehingga membutuhkan biaya yang tentunya sedikit lebih banyak. Karena, jika karet bracket tidak diganti sesuai dengan ketentuan maka hasil yang di dapatkan kurang maksimal dan bisa saja muncul bakteri sehingga berbahaya untuk kesehatan gigi dan tubuh.

Harga

Harga jual clear aligner VS behel cukup berbeda, karena tergantung dari merk dan juga klinik tempat membelinya. Umumnya harga clear aligner lebih mahal daripada memasang behel, karena alat tersebut menggunakan teknololgi AI sehingga mampu membantu arah gerak gigi dengan tepat dan memperbaiki struktur gigi dalam waktu yang sedikit lebih cepat daripada behel. Adapunj kisaran harganya adalah sekitar 5 hingga 55 juta tergantung merk nya.

Namun, saat ini juga banyak yang menjual clear eligner local dari klinik dokter gigi berlisensi dengan harga sekitar 1 hingga 5 juta rupiah dan tentunya sudah terjamin baik efektivitas maupun hasilnya. Produk clear aligner local juga sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan gigi rapi namun budget terbatas dan kurang nyaman apabila harus menggunakan behel, karena terbut dari material plastic BPA lentur sehingga aman dan nyaman tanpa perlu khawatir sariawan maupun luka.

Harga jual untuk behel juga cukup variatif, karena ada berbagai macam behel yang bisa digunakan  sesuai kebutuhan. Umumnya, behel dijual dengan harga mulai dari 1 hingga 5 juta rupiah beserta pemasangannya. Namun, pada klinik-klinik tertentu harga behel juga bisa mencapai harga cukup fantastis tergantung dari pemilihan bentuk bracket, warna serta karetnya.

itulah tadi ulasan singkat tentang perbedaan Clear aligner vs behel. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Khusus bagi kamu yang sedang mencari produk Clear aligner berkualitas dan berlisensi, jangan lupa untuk menghubungi kami, karena kami adalah toko terpercaya yang menjual alat tersebut dan menyediakan berbagai merk serta harga ramah dikantong. Segera hubungi kontak person pada bagian bawah tulisan ini, dan dapatkan penawaran menarik dari kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *